Nama: Kania Salsabila Haflin
NIM: 240907501033
Kelas C
MERENCANAKAN STRATEGI KREATIF IKLAN
Konten menyediakan konteks untuk brand berdasarkan media, jika kita permisalkan:
Konten adalah raja
Brand adalah ratu, dan
Ekosistem adalah kerajaan
Dalam dunia marketing harus memiliki 4 pilar, yaitu: Konten, komunikasi, komunitas dan perdagangan.
Kepribadian brand di sosial media mencakup:
Karakter (Contoh: lucu, menyenangkan, ramah)
Bahasa (Contoh: formal, kompleks, bercanda)
Gaya bicara (Contoh: kritis, blak-blakan, elegan)
Tujuan (Contoh: hiburan, ajakan, informasi)
Sebuah model proses terdiri dari 3 tahapan utama:
Input
Merupakan tahap awal yang dimana sumber daya yang dibutuhkan memulai proses.
Contoh: ide, pesan
Proses
Merupakan tahap yang dimana input diubah melalui beberapa metode. Proses meliputi:
Brainstorming, app konvensional, artifical intelegence.
Output, Outcome, Impact
Merupakan tahap akhir yang dimana output menunjukkan hasil dari proses, outcome menunjukkan dampak dari hasil tersebut dan impact menunjukkan efek jangka panjang. Hasil yang diharapkan dari output, outcome dan impact ialah: loyality dan pangsa pasar baru.
Aspek-Aspek Daya Tarik Iklan:
Atribut
Keuntungan kompetitif
Harga
Berita
Popularitas
Perbedaan antara Strategi dan Teknik
Strategi adalah campuran hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau keinginan, yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya.
Teknik merupakan langkah-langkah atau metode yang disusun dan dilakukan untuk mendapatkan hasil terukur dalam menjalankan strategi.