BUSINESS MODEL CANVAS

    BMC atau Business Model Canvas adalah sebuah kerangka kerja strategis yang digunakan untuk merancang, menguraikan, dan mengembangkan model bisnis suatu perusahaan. BMC diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation dan sangat populer di kalangan startup karena hanya memerlukan satu halaman untuk menggambarkan keseluruhan model bisnis. BMC membantu dalam menjelaskan ide dan konsep bisnis secara visual, sehingga lebih mudah dipahami. Kerangka kerja ini terdiri dari beberapa elemen penting yang menggambarkan bagaimana sebuah bisnis menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai.

1. Customer Segments 

Siapa target pelanggan utama bisnis Anda?

2. Value Proposition

Nilai unik yang ditawarkan kepada pelanggan (solusi atas masalah mereka)

3. Channels

Cara produk/jasa disampaikan kepada pelanggan (online, toko fisik, dll)

4. Costumer Relationships

Jenis hubungan yang dibangun dengan pelanggan (personal, otomatis, dll)

5. Revenue Streams

Sumber pendapatan bisnis (penjualan, langganan, iklan, dll)

6. Key Resources

Aset penting yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis

7. Key Activities

Aktivitas utama yang dilakukan untuk menciptakan nilai

8. Key Partnerships

Mitra eksternal yang membantu operasional bisnis

9. Cost Structure

Biaya-biaya utama yang dikeluarkan dalam menjalankan bisnis

Di bawah ini adalah contoh BMC milik saya sendiri dengan produk kipas angin:

Kania Salsabila Haflin

Halo, saya Kania Salsabila Haflin, saya seorang mahasiswa di Universitas Negeri Makassar, Program studi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama