RESUME EKONOMI MIKRO

Nama: Kania Salsabila Haflin

NIM: 240907501033

Kelas: C





ECONOMIES AND DISECONOMIES

 OF SCALE

1. Pengertian

  Economies atau ekonomis adalah dampak positif atau keuntungan yang diperoleh dari suatu kegiatan ekonomiSkala ekonomi adalah ketika peningkatan skala produksi menyebabkan penurunan biaya rata-rata (biaya per unit).

 Diseconomies atau disekonomis adalah dampak negatif atau kerugian yang dialami dari suatu kegiatan ekonomi. Disekonomis skala terjadi ketika peningkatan skala produksi menyebabkan kenaikan biaya rata-rata (biaya per unit).

Internal, karena pertumbuhan perusahaan individu.

Eksternal, karena pertumbuhan industri secara keseluruhan.

2. Skala Internal dan Eksternal 

 2.1 Ekonomis

     2.1.1 Internal

Ketika perusahaan perorangan bertumbuh, mereka dapat memperoleh keuntungan dari biaya rata-rata yang lebih rendah karena: 

  • Pembelian, diskon untuk pembelian dalam jumlah besar
  • Peralatan produksi teknis lebih maju
  • Penggunaan manajer yang lebih terspesialisasi dalam manajemen
  • Akses keuangan terhadap pinjaman yang lebih murah dan sumber keuangan lainnya
  • Pemasaran, biasanya merupakan biaya tetap yang dapat disebarkan ke lebih banyak unit output

     2.1.2 Eksternal 

Ketika seluruh industri tumbuh di suatu area, perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari biaya rata-rata yang lebih rendah karena:

  • Kumpulan tenaga kerja terampil yang lebih besar 
  • Investasi pada infrastruktur yang lebih baik
  • Pemasok yang berlokasi di dekat dan reputasinya

2.2 Disekonomis 

    2.2.1 Internal 

Ketika sebuah perusahaan tumbuh terlalu cepat atau terlalu besar, biaya rata-ratanya mungkin mulai meningkat karena:

  • Kesulitan komunikasi
  • Masalah koordinasi
  • Masalah kontrol
     2.2.2 Eksternal

Ketika keseluruhan industri dalam suatu industri di suatu area tumbuh terlalu cepat atau terlalu besar, perusahaan mungkin menemukan biaya rata-rata mulai meningkat karena:

  • Polusi dan kemacetan lalu lintas
  • Persaingan meningkatkan biaya faktor produksi

3. Contoh Kasus 

     3.1 Sebuah Restoran (Ekonomis) 
     Sebuah restoran kecil mungkin hanya mampu melayani 20 pelanggan per malam. Namun, jika restoran tersebut memperluas ruang makan dan dapur, mereka dapat melayani 100 pelanggan per malam. Hal ini memungkinkan restoran untuk menurunkan harga per porsi karena mereka dapat membeli bahan baku dalam jumlah besar dengan harga yang lebih murah dan memanfaatkan tenaga kerja yang lebih efisien.

     3.2 Perusahaan Telekomunikasi (Disekonomis)
           Sebuah perusahaan telekomunikasi yang terlalu besar mungkin menghadapi kesulitan dalam menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi dan merespons dengan cepat terhadap permintaan pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan pelanggan dan penurunan pendapatan.

Kania Salsabila Haflin

Halo, saya Kania Salsabila Haflin, saya seorang mahasiswa di Universitas Negeri Makassar, Program studi Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama